Selasa, 03 November 2015

Selasa, 3 Nopember -- KEMEROSOTAN SATU BANGSA

Alien. Dalam bahasa Perancis tua disebut alien, aliene , dalam bahasa latin disebut aliēnus, dan dari bahasa Proto-Indo-Eropa disebut h₂élyos dan dari dasar-dasar kata tersebut lah kata "alien" ada dan digunakan sampai sekarang untuk menyebut mahluk ekstraterestrial atau mahluk yang berasal dari luar bumi. Sampai sekarang ini status kebenaran dari alien atau UFO (Unidentified Flying Object) masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah tetapi terlanjur mendapat tempat dalam kepercayaan banyak orang hingga hari ini.

Yeremia ketika berdiri menyaksikan pekerjaan di rumah tukang periuk sejak mulai dari pengambilan material tanah liat, pembentukan, pembersihan hingga pembakaran dan menghiasinya, Yeremia menyimpulkan bahwa untuk menjadi satu hasil karya yang mulia, tanah liat harus cooperative dengan tukang periuk.

Tetapi ketika Yeremia disuruh TUHAN untuk kembali dan melihat bahwa barang berharga itu kini MEROSOT nilainya dan harus dihancurkan hingga berkeping (Yeremia 19), Yeremia kebingungan.

Tetapi TUHAN tidak membiarkan Yeremia bingung, melainkan TUHAN juga langsung memberitahu alasan mengapa sampai bejana tembikar itu harus dibanting hancur ?

Jer 19:4 Sebab mereka telah meninggalkan Aku, telah memberikan tempat ini kepada allah asing dan telah membakar korban di sini kepada allah lain yang tidak dikenal oleh mereka sendiri dan oleh nenek moyang mereka dan oleh raja-raja Yehuda. Mereka telah membuat tempat ini penuh dengan darah orang-orang yang tidak bersalah. 

Jer 19:5  Mereka telah mendirikan bukit-bukit pengorbanan bagi Baal untuk membakar anak-anak mereka sebagai korban bakaran kepada Baal, suatu hal yang tidak pernah Kuperintahkan atau Kukatakan dan yang tidak pernah timbul dalam hati-Ku. 

Dalam kata Ibrani untuk allah asing adalah 'nicker', yang diterjemahkan menjadi 'made alien’, sehingga New American Version 1977 menerjemahkan kata – kata ini dengan artian :  Because they have forsaken Me and MADE THIS AN ALIEN PLACE.
"Tempat yang dimaksud adalah Kaabah. Juga yang dimaksud adalah Yerusalem bahkan Kerajaan Israel dan Yehuda. Kerajaan di mana Allah mereka adalah Allah Elohim yang telah membawa mereka keluar dari Mesir (negeri asing), mengusir orang asing di Kanaan, dan menempatkan mereka sebagai umat kesayangan TUHAN di sana. Tetapi kini tempat itu tlah menjadi tempat untuk Alien".
Sampai hari ini kita tak tahu Alien itu ada atau tidak. Alien itu sesuatu yang tidak jelas dan tidak pernah ada, tetapi Israel Yehuda berulang – ulang menjadikan diri, kaabah dan kerajaan Yehuda sebagai tempat untuk Alien.

Mereka melakukan itu dengan cara:

1. Membakar korban untuk allah lain yang tidak dikenal (alien) oleh mereka sendiri maupun nenek moyang mereka.
2. Membuat tempat itu penuh dengan darah nabi – nabi dan orang – orang benar.
3. Mendirikan bukit2 pengorbanan Baal
4. Dan melakukan penybahan Baal dengan membakar anak – anak mereka sebagai korban bakaran kepada Baal.

Ini semua terjadi karena Umat Israel dan Yehuda mencoba mengadopsi cara hidup para bangsa sekitar mereka yang menyembah allah asing seperti Molokh dan Baal.
"Child sacrifice was associated with a Canaanite deity known as Molech (Leviticus 20:2-5Jeremiah 32:35). At least on some occasions, such offerings were also made to Baal".
Sebagai mitra Allah, Gereja yang notabene adalah umat israel modern sering kali terlihat mencoba mengadopsi cara asing (alien) yang tidak sesuai PERATURAN TUHAN ke dalam ibadah dan pelayanan umat TUHAN yang kudus. Akibatnya adalah mereka kehilangan ciri (karakter) dan menjadi sama dengan dunia yang harus mereka injli sebenarnya.

TUHAN telah dengan tegas berkali – kali melarang umatNya melakukan penyembahan berhala dengan mengorbankan anak sebagai korban bakaran, dan terus menggunakan pola dan cara - cara asing dalam tata organiasi maupun keseringan menggunakan method asing, pola – pola politik asing, cara – cara kompromi yang terjadi perlahan – lahan inilah yang membuat sehingga bangsa ini mulai terbiasa dengan hal yang salah, melanggar aturan dan menghianati kepercayaan kepada Allah yang berperaturan.
"Betapa pelajaran bagi kita semua tentang betapa mudahnya kita menjadi buta oleh budaya umum yang kita setujui (masuk), atau bahkan mengambil bagian di dalamnya, praktik - praktik yang -- seharusnya kita terhubung kepada TUHAN dan berada dalam kehamonisan dengan firman-Nya -- Kita tidak akan pernah dukung, tetapi gantiny kita harus menjadi ngeri karenanya".
Padahal hal seperti itu tak pernah diperintahkan oleh TUHAN, bahkan tak pernah muncul dalam hatiNya.

Mereka telah mendirikan bukit-bukit pengorbanan bagi Baal untuk membakar anak-anak mereka sebagai korban bakaran kepada Baal, suatu hal yang tidak pernah Kuperintahkan atau Kukatakan dan yang tidak pernah timbul dalam hati-Ku. (Yeremia 19:5).

Kawan, pikirkanlah apa saja cara – cara Alien, cara – cara asing, metode – metode asing yang sering dipaksakan atau dimasukan perlahan – lahan lewat celah kompromi dan itu diterima karena kepentingan di luar Allah dan misinya ?

Pikirkanlah cara – cara penyembahan kepada Allah yang sudah terkontaminasi dengan langkah kompromi dalam jemaatmu ?

Pikirkanlah cara – cara pelayanan dan tata cara berjemaat dan bekerja yang mungkin sering dan telah terkontaminasi dengan pengaruh asing yang bukan pengaruh Alkitab ?

Allah kita adalah Allah yang berperaturan.

Allah menempatkan peraturan sebagai landasan tahta pemerintahannya agar supaya kita juga bisa menurut dan tinggal dalam kebahagiaan penurutan.

Tetapi setan sering menaburkan bibit ketidakpercayaan dalam diri manusia sehingga gantinya bergantung pada TUHAN, justru manusia menolak untuk bergantung mutlak kepada TUHAN tetapi mencoba membangun ketergantungan dengan mengidolakan manusia demi kepentingan sementara dan bukan kepentingan Pelayanan Injil.

Berdirilah teguh. Selidikilah Anjuran Firman TUHAN, carilah petunjuk TUHAN dan bekerjalah dalam pelayanan dengan cara  - cara TUHAN dan bukan cara – cara Alien, niscaya TUHAN akan menolongmu memberitahu apa yang harus kau lakukan hari ini dan hari ke depan karena hanya TUHANlah yang tahu hari ini dan hari depan.

1 komentar:

  1. Shalom saudaraku, jika ada pertanyaan terkait pelajaran SS, silahkan share di kolom komentar ini dan nanti kita bahas bersama-sama.

    TUHAN memberkati.

    BalasHapus