Senin, 02 November 2015

Pelajaran VI Tindakan - Tindakan Simbolis. Sabat Petang

'GORESAN KECIL' SEKEDAR TAMBAHAN UNTUK PEL. SS. DEWASA PEKAN KE-VI, 31 Oktober – 6 Nopember 2015::

"TINDAKAN – TINDAKAN SIMBOLIS”.

SABAT PETANG
31 OKTOBER

AYAT HAFALAN : “Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liatnya, untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa?” (Roma 9:21)

PENDAHULUAN: Surat Kabar sering menempatkan gambar kartun di tempat yang menarik perhatian pembaca, yaitu di halaman editorial. Seniman menggoreskan garis-garis sederhana untuk membuat karikatur tentang situasi politik, sosial, atau ekonomi yang sedang kita hadapi. Melalui karikatur tersebut, ia dapat menyampaikan pesan yang begitu tajam dan tepat mengenai sasaran. Ketajaman dan ketepatan karikatur itu tidak dapat ditandingi oleh kefasihan bahasa seorang ahli bahasa.
Yesus seorang Master Teacher, jago dalam melukiskan gambaran verbal tentang dunia di sekitarnya melalui perumpamaan-perumpamaan (metafora). Ia mengajar dengan menggunakan perumpamaan dan symbol untuk menggambarkan apa yang sedang terjadi dalam kehidupan nyata. Dia menggunakan sebuah cerita yang berisi symbol verbal yang diambil dari kehidupan sehari-hari. Ia mengajarkan pengajaran baru dengan menggunakan cerita tentang keadaan yang sudah dikenal dan diterima oleh pendengar-Nya. Pengajaran itu seringkali muncul di akhir cerita dan mempunyai pengertian yang dalam sehingga membutuhkan waktu untuk memahaminya. Ketika pendengar mendengar sebuah perumpamaan, ia akan menyetujuinya karena cerita itu biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan ia dapat mengerti segala suatu yang diutarakan dalam perumpamaan terebut walaupun aplikasi dari perumpamaan itu, sekalipun bisa didengar, tetapi aplikasinya tidak selalu dapat dimengerti.
Selain Metafora, Mind mapping juga adalah metode mengajar yang baik sekali. Mind mapping atau peta pikiran bukanlah barang baru dalam metode pembelajaran, namun tampaknya penggunaan mind mapping belum banyak digunakan oleh para pendidik di Indonesia. Hal ini terlihat dengan masih dikenalnya metode mencatat atau meringkas dengan gaya konvensional, padahal banyak cara untuk memudahkan kita atau anak didik untuk mencatat, Menerima pelajaran dan mengingatnya kembali. Salah satunya adalah dengan metode mind mapping yakni memadukan tulisan dan gambar atau simbol menjadi sebuah catatan yang mudah dipahami.
Untuk mengajar anak – anak di kelas usia dini dan kelas kecil, metode mind mapping sangat cocok digunakan. Demikian juga untuk mengajar orang – orang dewasa yang terkebelakang dalam intelektual maka metode yang menggunakan symbol gambar, bentuk maupun symbol dalam cerita itu selalu menjadi metode yang terbaik.
Yesus adalah seorang Master Teacher yang jago metafora dan mind mapping dalam contextualized pekabaranNya. Kita tak bisa heran kalau Yesus di Perjanjian Baru selalu mengajar mengandakan metode mind mapping untuk membentuk opini atau konsep pendengarnya. Kita tidak bisa heran karena Yesus adalah Allah yang sama yang juga hadir di Penciptaan dan sepanjang sejarah Perjanjian Lama.
Yesus juga adalah bagian dari Ke-Allahan Elohim yang memberikan kaabah sebagai symbol di Padang gurun. Dan Yesus juga yang memberikan ilustrasi, symbol dan contoh – contoh kontekstual kepada Yeremia saat mengajar Israel dan Yehuda yang punya pemahaman rendah terhadap kasih TUHAN.
Buku Yeremia sendiri kaya dengan symbol dan perumpamaan (metafora). Pekan ni kita akan melihat beberapa symbol itu. Pelajaran utamanya adalah symbol Periuk di tangan Tukang Tembikar. Kita akan lebih detail memahami arti dari Tanah Liat, Tukang Periuk, Tempayan yang pecah dan ikat pinggang Lenan.
Minggu ini Kita akan main di symbol – symbol ini dan melihat bagaimana TUHAN membentuk mind mapping dengan metafora untuk mengajar Israel dan Yehuda yang rendah pemahamannya tentang kasih Allah untuk dibujuk balik kepada TUHAN. Simbol – symbol di dalam Alkitab berungsi untuk menunjukan kepada kita satu realitas yang berbeda, dengan realitas Allah, yang terkadang dapat ditangkap dengan baik melalui symbol – symbol.
Tetaplah bersama buku Pelajaran Sekolah Sabatmu. Mudah-mudahan kita juga akan merasakan perobahan dalam hidup ini karena metode mind mapping dengan symbol sebagai kekuatan inti untuk menjelaskan kebenaran Firman Allah yang kiranya dapat mengubahkan hidup kita minggu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar